Efisiensi kerja, tips ini mungkin bisa membantu

Apakah anda termasuk salah satu orang yang memiliki jadwal pekerjaan / bisnis yang padat..?? Banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan, namun seringkali merasa waktu berjalan demikian cepat sehingga banyak sekali pekerjaan yang terbengkalai atau tidak selesai tepat pada waktunya.

Padahal, jika saja kita mau meluangkan sedikit waktu, kita dapat mengetahui apakah kesibukan setiap hari mendekatkan kita pada tujuan atau justru hanya buang-buang waktu. Sayapun sering mengalami hal serupa, namun beberapa tips berikut yang saya lakukan terbukti efektif.

1. Datang ke kantor lebih awal

Jika anda bekerja sebut saja kantor, namun jika anda berdagang sebut saja toko, apapun itu, kantor adalah tempat kerja anda.. Datang lebih awal akan memberikan energi yang berbeda, kita tidak akan memulai hari dengan keruwetan dengan melihat kesibukan rekan kerja yang katakanlah berlebihan. Datang lebih awal akan membuat perasaan lebih rileks dan nyaman, ini juga akan memberikan kita waktu untuk beristirahat, merapihkan kemeja atau meja kerja..


2. Membuat kopi ( rehat sejenak )

Membuat kopi, mungkin terdengar lucu.. ya, saya melakukan ini setiap kali baru sampai di kantor, setelah istirahat sejenak sambil merapihkan meja kerja, saya membuat kopi.. ini memberikan perasaan yang nyaman dan rileks lebih banyak.. sebagai contoh, jika kita sedang ujian, namun pada satu kondisi kita tidak dapat mengerjakan soal, apa yang kita lakukan, rehat sejenak bukan, entah itu ke kamar kecil atau sekedar mengalihkan pandangan dan pikiran.. Seperti itulah, membuat kopi dapat membuat tubuh rileks, karena biasanya pada saat membuat kopi, kita berjalan dan mengobrol dengan rekan kerja

3. Mengumpulkan pekerjaan2 yang harus diselesaikan

Setelah itu, duduk di meja dan saya menuliskan seluruh pekerjaan-pekerjaan yang harus saya selesaikan hari ini, besok ataupun minggu ini.. Pokoknya seluruh pekerjaan yang harus saya selesaikan, dan pekerjaan ini adalah pekerjaan yang sudah di depan mata, bukan pekerjaan angan-angan yang tidak ada korelasinya dengan kerja / bisnis kita.

4. Menyusun to do list harian berdasarkan prioritas

Setelah mengumpulkan seluruh pekerjaan, saya menuliskan pekerjaan2 yang harus saya selesaikan pada hari ini dalam bentuk sebuah to do list di buku kecil (notes) yang biasa saya bawa. membuat to do list akan memudahkan kita untuk fokus dalam menyelesaikan pekerjaan, setelah selesai, saya mencoretnya dan beralih pada pekerjaan yang lain. Sebanyak apapun pekerjaan yang harus diselesaikan, dengan adanya to do list kita akan lebih fokus dan efektif.

5. Evaluasi sebelum pulang kerja

Yang kelima adalah melakukan evaluasi sederhana, saya akan membuka to do list saya dan mengecek apakah seluruh pekerjaan yang harus saya kerjakan sudah selesai atau belum.. jika belum atau mash terdapat kekurangan, maka saya sisihkan untuk saya buat to do list esok hari. Evaluasi pekerjaan dengan melihat to do list membantu saya untuk mengukur sejauh mana saya menggunakan waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaan saya..

itu 5 tips sederhana dari saya, bagaimana dengan anda?

 

sumber : http://klashkun.blogspot.com/2012/06/efisiensi-kerja-tips-ini-mungkin-bisa.html
regards

 

Sincerely Yours
ikhlash kautsar, S.Tp
klashkun.blogspot.com | Follow me @klashkun