Liputan Workshop Financial Literacy – TDA Depok Forum

TDA Depok Event melalui klub B2B (Business to Business) kembali menggelar kegiatan super. Kali ini adalah pelatihan keuangan yang secara spesifik membahas Financial Literacy. Workshop Financial Literacy ini berlangsung selama dua hari penuh,  tanggal 29-30 Maret 2014. Lokasi yang dipilih oleh panitia adalah Aula Utama Bank Jawa Barat (BJB Lantai 2).

Workshop diikuti oleh 54 peserta. Sebenarnya panitia hanya membuat kuota terbatas 50 peserta agar suasana pembelajaran lebih kondusif. Namun, antusias peserta terlihat hingga hari H, walhasil peserta datang melebihi kuota. Peserta datang dari berbagai tempat seperti dari Cikarang, Bogor, Jakarta dan Depok. Tda Wilayah lain seperti TDA Bekasi dan TDA Jaksel turut serta menghadiri acara ini. Peserta terjauh datang dari Jogjakarta, yang khusus datang untuk mengikuti workshop ini.

Pada hari pertama peserta dibuka wawasan tentang Financial. Peserta disatukan persepsinya terkait keungan perusahaan dan keuangan pribadi. Pembicara yang merupakan V-Coach (Volunter Coach) IIBF (Indonesia Islamic Business Fourum) mengajak peserta untuk berbagi terlebih dahulu tentang keuangan dan analisis terbaik dalam sudut pandang pemilik usaha (business owner)

Danny Firdaus selaku pembicara menyebutkan bahwa dia adalah praktisi yang kemudian menggunakan Financial Literacy dalam metode keuangan perusahannya. Dalam hal ini Danny adalah pemilik bisnis yang mengajak para peserta sesama pemilik bisnis bisa membaca dan menganalisis keuangan perusahaannya. Setelah menyampaikan pembukaan para peserta kemudian diajak menyelami modul dan diajak berhitung dan berlatih.

Modul peserta yang lengkap berisi materi soal latihan membuat peserta menikmati dalam belajar keuangan. Ada yang tersenyum karena sangat mengerti dan ada pula yang tersenyum mengerti tapi butuh waktu. Materi tergolong berat dan penuh dengan hitung-hitungan namun peserta sangat antusias. Suasana meja bundar membuat peserta lebih merasa rileks dan nyaman dalam mengikuti workshop ini. Secara keseluruhan acara dikemas dengan sangat segar, moderator acara membawa suasana menjadi lebih ringan dan santai.

Selain itu panitia juga mengemas acara dengan banjir makanan. Ada dua sesi coffe break yang berisi berbagai macam makanan produk member TDA depok. Makan siang juga dibuat panitia dengan variasi makanan yang beragam dan membaut peserta setelah lelah berhitung kembali tersegarkan pikirannya.

Materi serta analisis financial Literacy berlangsung hingga hari kedua. Pada penutup workshop financial literacy Danny Firdaus menyampaikan beberapa nilai iibf kepada seluruh peserta dan mengajak peserta untuk berbisnis mengundang Tuhan dalam setiap langkah dan keputusan.

Dalam Workshop Financial literacy beberapa sponsor memeriahkan acara seperti trunojoyo.com yang memberikan 40 voucher google adwords, Kangan Water yang memberikan air minum kepada seluruh peserta selama dua hari penuh, rendangdenlapeh.com rendang kemasan yang memberikan paket rendang kepada dua pembicara, insani events dengan sponsor rafting kepada 10 peserta dan jkt otak-otak serta stevia black tea.

Kartika dari TDA Bekasi yang hadir dalam workshop ini merasa sangat senang dengan financial literacy event ini. Ia mengaku masalah keuangan dan analisis sangat penting baginya saat ini. Sama dengan yang dirasakan oleh Khaerunnisa peserta yang merupakan pemilik dari Stevia Black tea mengungkapkan rasa senangnya karena bisa menghadiri workshop Finansial Literacy “Terima kasih B2B TDA Depok, buat saya yang awam dengan ilmu keuangan kini menjadi tercerahkan. Tadinya sempat khawatir melihat modul yang begitu tebal tapi ternyata Alhamdulillah mudah karena mengikuti petunjuk demi petunjuk dari pembicara. Terima kasih B2B TDA Depok acaranya bermanfaat sekali.”

Salah satu peserta bernama ade rupadi bahkan membuat review tulisan di blognya paska mengikuti financial literacy. Tulisan tersebut mendapat tanggapan positif dari para peserta lainnya. Margaretha Chrisna Sari selaku Korrdinator event financial literacy ini merasa sangat senang atas penyelenggaraan event kali ini “Kami dari panitia senang sekali bisa belajar bersama dengan semua rekan-rekan pebisnis. Panitia mengucapkan terima kasih kepada pembicara, kepada seluruh peserta, kepada seluruh sponsor. Semangat berbisnis untuk Indonesia” ujar pemilik rendang kemasan dengan brand rendangdenlapeh.com sambil tersenyum optimis.