A-B-C-D Tim Bisnis

[ad_1]

Sharing dari mentor saya Pak Teguh Wibawanto :

A-B-C-D TIM BISNIS

Banyak saya temui para pengusaha mengeluhkan susahnya cari karyawan, karena itu setelah diterima meskipun performa nya tidak sesuai tetap saja dipertahankan dengan alasan cari karyawan itu susah, sehingga terjadi kebimbangan mau dipertahankan atau dilupakan aja.

sebelum memutuskan hal tersebut alangkah baiknya kita meng-GRADING atau mensortir seberapa bernilai anggota tim kita.

Sebut aja cara yang paling gambang adalah A-B-C-D

A = Asik banget

type ini adalah karyawan yang punya sikap kerja yang baik dan menghasilkan, semangat dan mau maju bersama sesuai visi dan misi perusahaan. orang seperti harus terus dibina dan diberikan tantangan serta penghargaan atas prestasi kerjanya.

B = Biasa aja

type ini adalah pekerja yang hasilnya pas-pasan tapi sikapnya cukup baik. terkadang kerja hanya sesuai waktu dan hasilnya juga sesuai target yang ditetapkan. karyawan semacam ini bisa dipertahankan dan bisa terus di upgrade dimasa yang akan datang.

C = Capek deh

type ini kalo kerja hasilnya bagus, tapi sikap nya terkadang melenceng dari nilai-nilai perusahaan. karena itu perlu energi extra untuk menangani karyawan type seperti ini. harus dilakukan pembinaan sikap secara intensif. untuk dipertahankan diposisi saat ini cukup bagus, tapi kalo dipromosikan lebih baik jangan.

D = Daaah…

type ini adalah udah hasil kerjanya tidak target atau pas-pasan dan punya sikap buruk. lebih baik di lupakan aja karena bisa menjadi toxic employee dan menambah cost operasional perusahaan.

Jadi mulai sekarang selalu lakukan grading terhadap anggota tim dan jangan lupa sebagai leader Anda pun harus bisa menilai, apakah Anda type A, B, C atau D ?

Teguh Wibawanto



[ad_2]

Source link