Tips Jitu Kembangkan Bisnis Lewat Blog

[ad_1]

Mengembangkan bisnis lewat blog atau website memang bukan hal baru. Platform blog juga telah lama dimanfaatkan para pebisnis online di Indonesia sejak era digital mulai panas di tahun 2008 lalu.

Awal tahun ini, tepatnya bulan Januari lalu, seperti biasanya SB1M kembali kedatangan tamu spesial, namanya Andhika Wijaya Kurniawan, seorang Digital Marketing Expert dan Serial Enterpreneur.

Selama sesi berlangsung, Andhika membagi tips dan pengalamannya untuk mengembangkan usaha lewat blog. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita pelajari darinya:

Identifikasi topik

Sebelum menulis blog, pastikan anda mengidentifikasi topiknya lebih dulu. Fokuskan pada topik menarik dan yang membantu menyelesaikan masalah orang. Ia mengenalkan sebuah konsep yang dinamakan Online Value Proposition (OVP).

Apa itu OVP? Jika, dalam  pemasaran produk, kita biasa mengenal Unique Selling Point (USP), maka OVP adalah nilai tambah dalam konten yang anda berikan kepada visitor, sekaligus menjadi pembeda dengan blog kompetitor lain di dunia maya.

Branding adalah cerita anda

Membangun brand, menurut Andhika, tidak perlu berpikir terlalu ribet, karena brand adalah cerita anda sendiri. Setiap orang tentu punya karakter, ketika anda mampu menyampaikannya dengan cara yang tepat, bukan tak mungkin brand anda akan menarik perhatian banyak orang.

Target pasar

Seperti halnya, saat menjual produk, anda perlu mengidentifikasi audiens atau target pasar anda. Begitu pula, anda bisa menentukan topik konten yang relevan dengan target audiens. Setiap audiens yang beda, maka berbeda pula jenis konten dan metode penyampaiannya.

Tentukan tujuan dengan jelas

Tujuan yang jelas bisa direpresentasikan lewat konten, produk, serta kegiatan pertemuan dengan pelanggan. Seperti pada poin sebelumnya, bangun konten relevan sesuai dengan target pasar anda.

Menetapkan jadwal

Blog yang baik tentu adalah yang memiliki konten berkualitas, menarik, dan diperbarui terus menerus. Maka, penting untuk disiplin. Pesannya yang terakhir, tetapkan jadwal untuk menulis dan MULAILAH MENULIS! 😉

 

[ad_2]

Source link