Mukernas TDA 5.0 Komunitas yang Memberikan Kontribusi Kesuksesan

Assalamualaikum wr wb.

Alhamdulillah Mukernas TDA se Indonesia sudah selesai dilaksanakan, Bali menjadi tempat mengelaborasi program dan saksi nyata 200an utusan daerah dan wilayah membersemai bersama program. Sudah pulang kami dari pulau Dewata ini dan kembali ke daerah masing-masing. Membawa sejuta harapan utk organisasi TDA di daerah.

Tema “Scale Up Spirit” telah menyihir seluruh peserta munas, berdaya dan menjadi tuan rumah dinegeri sendiri menjadi spirit kita dalam merealisasikan program-program

#Get Up
Artinya kita harus bangkit, tidak boleh berpangku tangan, jagan terlalu banyak di zona nyaman, optimalkan diri dalam organisasi-organisasi bisnis.

#Speed Up
Tambah kecepatanmu, tambah kualitas bisnismu, benahi organisasimu, berdayakan seluruh anggota, kaderisasi jalankan.

#Scale Up
Naikkan omsetmu, naikkan kualitas organisasimu, bertarunglah di ranah blue ocean, karena persaingan sudah irrelevant.

Beberapa catatan saya terkait mukernas ini, tentu akan menjadi pertimbangan penting kita dalam melangkah kedepan, membenahi organisasi TDA Depok, merapatkan barisan, saling berbagi spirit menguatkan bisnis dan harus berdampak juga kepada scaleup bisnis kita.

Sesuai AD/ART struktur TDA sudah dikukuhkan sebagai berikut :
TDA Pusat : Level nasional
TDA Wilayah : Membawahi beberapa daerah
TDA Daerah : Membawahi 1 kota atau kabupaten

 

Tema TDA dua tahun kedepan adalah #ScaleUpSpirit, tentu saja program-program yang direncanakan lebih mengarah kepada peningkatan kapasitas anggota. Saya akan coba uraikan sedikit tentang beberapa catatan program masing-masing direktorat TDA Pusat (stukturnya akan saya share nanti), ini yang dapat saya simpulkan dari hasil Mukernas. Saya coba fokus di 5 Direktorat, karena hal ini yg bersentuhan langsung dengan TDA daerah. Direktorat lain nanti ada info resmi melalui ketua klub masing-masing.

1. Direktorat Pelang
Direktorat Pelayanan anggota, salah satu persaingan bisnis di era milenial adalah Grab The Data, kita harus punya dan yang valid kata direkturnya, data anggota yang terverifikasi, mana yang masih baru dalam berbisnis dan mana yang sudah terscale up. Sesuai dengan ad/art terbaru maka keanggotaan di TDAdibagi menjadi 3 bagian :

  • Simpatisan : Terdaftar pada TDA Passport, tidak berbayar, status data tidak detail.
  • Anggota : Terdaftar pada TDA Passport, iurang 300 ribu per 2 tahun. Status data sudah terverifikasi, terkoneksi dengan seluruh program kegiatan TDA dari pusat sampai daerah, bisa mendapatkan modal dari program Permadani Badan Usaha.
  • Anggota kehormatan : Diberikan kepada orang yang berjasa terhadap TDA.

Kerahasiaan data terjaga, yang dipublish hanya data sekunder, sedangkan data primer anggota tidak ditampilkan (janji Dir Pelang)
(Detailnya tda passport nanti dishare)

2. Dir Epik
Direktorat Edukasi dan Peningkatan Kapasitas menjadi jantung TDA, karena program KMB, 8 series nya berjalan. Keunggulan menjadi anggota TDA terletak disini. Tidak ada organisasi bisnis yg jaringannya luas memiliki sistem Scale Up anggotanya seperti ini. Karena pentingnya Direktorat ini maka eksekusi program dilapangan menggandeng TDA wilayah dan daerah, pola kaderisasi anggota dan scale up bisnis beririsan antara dir pelang dan dir epik, artinya semakin dia masuk dalam anggota inti TDA maka fasilitas Scale Up bisnis nya juga dipenuhiTDA mulai dari mentoring hingga penyediaan modal yg kelak anggota inipun akan menjadi pengurus TDA.
Pola rekrutmen anggota dimulai dari :

  • Simpatisan, stelah itu mengikuti TDA camp.
  • Anggota penuh, syaratnya harus mengikuti TDA camp,mengikuti KMB, KMM, TFT dan menjadi mentor.

Pola rekrutmen di klub sebaiknya sinkron degan pola yang sudah dibuat pusat dan diimplementasikan oleh TDA daerah. Agar sistem meritokrasinya juga jelas. Tidak ada lagi pemisahan pola rektutmen. jikapun ada program rekrutmen tambahan dari klub, maka sifatnya hanya untuk klub itu saja, tanpa menghilangkan pola rekrutmen yg sudah dibuat dari pusat. Kita harus selalu bersinergi, membangun TDA ini tidak bisa sendiri, komunikasi harus terus dibuka, cari solusi terbaik. Intinya apa yang dilakukan tidak meniadakan satu sama lain.

3. Direktorat Badan Usaha
Direktorat ini baru dibentuk, beberapa program unggulan sudah disosialisasikan diantaranya :

  • TDA Mart : market place nya TDA dan sudah berjalan
  • PWN : Pesta Wirausaha Nasional, event tahunan yg sdh menjadi trade mark TDA
  • Permadani : Permodalan dan Investasi adalah program baru, dana berasal dari para senior TDA yang sudah sukses dan rela dananya di kelola, kabarnya sudah terkumlul belasan milyar. Program ini menarik, benefit member terdaftar sekarang bisa mengakses permodalan langsung ke TDA pusat. Pinjamaan atau pembiayaan dikisaran sd 50 jutaan, tentu saja tetap rekomendasi dari TDA daerah masing-masing.
  • Wakaf produktif : Bekerjasama dengan ACT, dimana ACT akan membiayai sektor-sektor produktif dimana salah satu unggulannya masuk pada bisnis property extended income.

Banyak kanal-kanal permodalan akan terus dibuka oleh TDA, semuanya Get Up, Speed Up dan Scale Up.

4. Direktorat Penggalangan Sumber daya dan Kerjasama Eksternal
Menempatkan 2 orang sekaligus Direktur dan wakilnya dari anggota TDA Depok, yaitu sdr Ubaidillah dan Mak Deliyana, membuat direktorat ini akan semakin lincah bergerak dan kebermanfaatan utama priroitas dan kita harapka ke TDA depok. Direktorat bertugas terkait kerjasam dengan pihak ketiga seperti instansi luar, dimana fungsi semuanya membantu tereskalasinya bisnis anggota, mencari peluang kerjasama bisnis, akses ke pemerintah yang tentunya berdampak kepada anggota TDA.

5. Dirmarkom
Direktorat Marketing dan Communication.
Membentuk branding TDA bisa terscaleup. Tanpa markom yg bagus maka TDA tidak akan dikenal orang dengan kegiatan-kegiatan bombastis dan pemberdayaannya. Garis hirarki tetap dari TDA daerah ke TDA pusat dan jangan lupa setiap kegiatan diusahakan dipublish secepat mungkin.

6. Dirgembil
Direktorat pengembangan wilayah, membawahi dan mengawasi hingga pengembangan wilayah. Kabarnya dari 61 TDA Daerah yg ada sekarang akan ditambah sebanyak 60 lagi, sehingga total 120 daerah. Kurun waktu dua tahun kedepan ditargetkan sudah terbentuk. Tanggungjawab Dirgembil dalam merealisasikan ini semua. Kabarnya TDA property akan ditarik kepusat, apabila perkembangannya sangat massif kedepan.

Direktorat lain adalah Dir Kebijakan publik, Dir Hubungan Luar negeri, Dir Progsus yang membawahi TDA perempuan, TDA peduli dan PWN semua harus berjalan on the track, rincian detail bisa cek di web TDA Pusat.

Sekum TDA bertugas memastikan organisasi berjalan sesuai dgn ad/art yang ada patut diacungi jempol, legalitas AD/ART hingga NPWP saat ini sdh tertata dgn baik. Begitu juga dengan Bendum yg memastikan kocek TDA terisi dengan baik.

Semua direktorat berusaha memberikan yg terbaik, inilah perencanaan yg dilakukan oleh pengurus pusat bersama dengan TDA wilayah dan TDA daerah. Semua program dibuat sebesar-besarnya untukk meningkatkan performance anggota. Semoga program-program ini dapat terealisasi dengan baik.

Ada orang yg merasa sukses dengan kesendirian
Ada orang yg menganggap hanya dirinyalah pusat kesuksesan
Tapi dia lupa ada orang-orang yg ikhlas membantunya
Ada komunitas yang memberikan kontribusi bagi kesuksesannya

Salam #ScaleUpSpirit

#GetUp
#SpeedUp
#ScaleUp

Wassalamualaikum wr wb
Rudi Sahputra
Ketua TDA Depok V.5